Tuesday, July 24, 2012

PMI Andalkan 4 Helikopter untuk Evakuasi Cepat Korban Mudik


Jakarta, Menjelang musim mudik, Palang Merah Indonesia (PMI) sudah menyiapkan 4 unit helikopter di sepanjang jalur mudik. Tentunya bukan sebagai bagian dari angkutan mudik, melainkan sebagai antisipasi bila terjadi kecelakaan sehingga proses evakuasi bisa dilakukan lebih cepat.

"Ada 4 heli milik PMI yang nanti akan beroperasi. Aman nanti kalau ada kecelakaan di tol, evakuasi bisa lebih cepat," kata dr Farid Husein, SpBd, Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dan Donor Darah PMI dalam jumpa pers di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Selasa (24/7/2012).

Adanya 4 unit helikopter yang akan beroperasi diharapkan bisa mengatasi berbagai hambatan, seperti terjebak kemacetan saat melakukan evakuasi lewat jalur darat.

Evakuasi yang lebih cepat juga mengantisipasi pertolongan yang kurang tepat dan justru memperparah kondisi korban kecelakaan, misalnya memindahkan korban patah tulang oleh orang awam.

Mengenai jumlah posko dan relawan yang akan diterjunkan, dr Farid belum bisa memastikan meski ia memperkirakan tidak akan jauh berbeda dibanding tahun lalu.

Menurutnya, relawan PMI baru akan diterjunkan mendekati puncak musim mudik atau sejak sekitar 2 minggu sebelum lebaran.

"Kita juga sudah bekerja sama dengan rumah sakit di sepanjang jalur mudik, baik jalur utara, selatan maupun Sumatera," tambah dr Farid.

Stok darah yang dimiliki PMI saat ini, menurut dr Farid masih cukup termasuk untuk mengantisipasi kecelakaan-kecelakaan di jalur mudik.

Hingga minggu ketiga bulan Ramadan, secara umum PMI belum akan kekurangan stok kecuali untuk golongan darah tertentu atau komponen darah tertentu yang memang langka atau usia penyimpanannya pendek.

Golongan darah yang relatif langka adalah AB, yang diperkirakan hanya dimiliki oleh sekitar 7 persen orang Indonesia.

Sementara komponen darah yang masa penyimpanannya pendek misalnya trombosit, yang cuma bisa disimpan selama 5 hari sementara komponen darah lain seperti sel darah merah pekat bisa mencapai 35 hari.

(up/ir)


Via: PMI Andalkan 4 Helikopter untuk Evakuasi Cepat Korban Mudik

No comments:

Post a Comment