Wednesday, July 25, 2012

Lingkungan Pertemanan Mempengaruhi Berat Badan Anda


Jakarta, Ketika Anda mendapati berat badan Anda berkurang atau bertambah, mungkin teman-teman Anda-lah yang menjadi penyebabnya. Lingkungan pertemanan memiliki pengaruh besar terhadap berat badan Anda.

Para peneliti dari Loyola University di Chicago menemukan hubungan antara lingkungan sosial dengan obesitas. Gaya hidup seseorang akan terpengaruh dengan gaya hidup orang-orang di lingkungan sosialnya. Terlebih jika lingkungan tersebut didominasi oleh orang-orang yang kurus atau orang yang obesitas.

Studi tersebut menunjukkan bahwa jika seseorang yang memiliki teman-teman yang lebih kurus, dirinya cenderung menurunkan berat badan agar memiliki badan yang ramping seperti teman-temannya.

Sebaliknya jika seseorang memiliki teman-teman yang obesitas, dirinya tanpa sadar akan mengalami kenaikan berat badan dan juga berisiko terhadap obesitas.

Teman yang kurus cenderung makan makanan yang kurang bergizi, sedangkan teman yang obesitas biasanya akan memilih makan makanan berlemak atau makan dalam porsi besar yang memicu kegemukan. Jika Anda berada di salah satu lingkungan pertemanan tersebut, berat badan Anda dapat terpengaruh tanpa Anda sadari.

Peneliti memeriksa indeks BMI (Body Mass Index) dari para mahasiswa di Jefferson High School and Sunshine High untuk mempelajari hal tersebut. Hasil studi menunjukkan bahwa jika seorang siswa memiliki teman-teman yang lebih kurus, dirinya memiliki kemungkinan sebanyak 40 persen mengalami penurunan indeks BMI di masa depan.

Sedangkan jika seorang siswa memiliki teman-teman yang lebih gemuk, dirinya memiliki kemungkinan sebanyak 56 persen mengalami peningkatan indeks BMI. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE, seperti dilansir onlymyhealth, Rabu (25/7/2012).

"Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu alasan terjadinya obesitas yang dialami oleh banyak orang terkait dengan lingkungan sosial. Hasil penelitian ini dapat membantu mengembangkan intervensi untuk mengobati obesitas pada remaja," kata Dr. David Shoham, kepala penelitian tersebut.

(ir/ir)


Via: Lingkungan Pertemanan Mempengaruhi Berat Badan Anda

No comments:

Post a Comment